Wahabi

wahabi adalah suatu aliran yang mengatas namakan islam,mereka mengaku mengandalkan al qur'an dan al hadits.
wahabi adalah sempalan islam yang didirikan oleh muhammad bin abdul wahhab.
wahabi diambil dari nama pendirinya muhammad bin abdul wahhab,asalnya wahhabi/wahhabiyah.
penganut aliran wahabi tidak mau mengatakan wahabi,karna nama wahabi sudah sangat terkenal dengan khuluq(akhlak) yang tidak baik.
mereka menamakan diri mereka dengan salafi/salafy
mereka mengklaim golongan mereka adalah pengikut setia alqur'an dan al hadits,mereka juga tidak membenarkan penakwilan kepada al qur'an dan hadits.
kaum wahabi biasanya selalu bersikap keras kepada pekerjaan sunnah yang sudah biasa dilakukan umat muslim ahlus sunnah wal jama'ah (sunni).
bahkan mereka sering berbuat arogan,mengebom,menghujat dan memerangi dengan semua cara untuk menghancurkan kaum muslim ahlus sunnah wal jama'ah (sunni).
untuk mengetahui ciri wahabi anda bisa membaca artikel dibawah ini:

Siapa Wahabi

Ciri Ciri Wahabi

Islam Garis Keras, Imperialisme dan Wahabi (6)

Islam Garis Keras, Imperialisme dan Wahabi (5)

Islam Garis Keras, Imperialisme dan Wahabi (4)

Islam Garis Keras, Imperialisme dan Wahabi (3)

Islam Garis Keras, Imperialisme dan Wahabi (2)

Islam Garis Keras, Imperialisme dan Wahabi (1)

168 komentar:

ordni mengatakan...

sAYA TIDAK MENGETAHUI, SAYA INI TERMASUK YG MANA.
NAMPAKNYA AGAK BINGUNG NENEMPATKAN DIRI, karena saya belajar Islam kurang mendalam dan sudah terlambat.

Anonim mengatakan...

wahabi itu TEGAS !!!! tdk seperti kalian yg lembek dan mau ditundukkan barat

dendy nugroho mengatakan...

Yang islam gadungan tu golonganmu

ulum sihabul milah mengatakan...

wahabi/salafi pendusta agama....

Jokey mengatakan...

Allah lebih tahu atas segalanya.

Jokey mengatakan...

Allah yang lebih tahu atas segala sesuatu yang ada dibumi dan dilangit.Jadi kita tidak perlu berlebihan dalam menyikapi perselisihan antar umat Islam,karena itu hanya membuat amalan kita tidak diterima disisi-NYA.
semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah kepada kita semua. Amien

Jokey mengatakan...

Allah Maha Tahu

buat anak kok coba coba mengatakan...

thanks informasinya,,saya sering mengikuti pengajian SALAF. Sebenarnya sepengetahuan saya, SALAFI ini tidak sesat, cuma mereka belum berpengalaman tapi cenderung di paksa. Rujukan mereka pasti taimiyah dan al albani,jarang mereka mengucap ngucap imam mahzab. Dan orang SALAFI ini terlalu ceroboh. Ada salafiyun di tempat saya yang fatwanya aneh aneh,seperti hujjahnya ''membaca arti baca'an shalat itu wajib,kalo enggak di baca,sholatnya tertolak''. Trus ada lagi, katanya shalat di mesjid itu wajib bagi laki laki,kalo tidak,,shalatnya tertolak.trus ada lagi katanya '' kerja dengan orang kafir hukumnya HARAM''. trus ada lagi '' shalat gak boleh di tunda,kalo azan langsung pergi menunaikan shalat''.Anehh kan mereka ini? Padahal gak ada dalilnya yang saya tahu berkata demikian.Mereka ini (SALAFI) adalah sekumpulan orang dungu yang berlaku sembrono dan konyol.mereka ini cenderung menqiyaskan ayat ayat se enak perut,menelan mentah mentah zhahir hadist dan nash.bahkan yang '' salafi awam'' pun sudah lancang berlagak seperti mujtahid,bid'ah sana bid'ah sini,kafir sana kafir sini,haeam sana haram sini,padahal ngaji saja terbata bata.mereka ini segorombolan anak anak ''awam'' yang sok tau dari pada RASUL SAW. Dikit dikit tertolak,dikit dikit tidak sah,dikit dikit bid'ah.

Agus m shodik mengatakan...

seorang teman sy di jkarta bilang bhw DR.Yusuf qordlowi telah kafir.dakwah ust.arifin ilham,aa gym bid'ah sesat.menjelek2an dkwah walisongo di indonesia.Padahal krn jasa walisongo kita skrang brada dlm naungan islam.bhkan prnah mnyuruh sy mwajibkan jenggot.TEMAN sy adlah seorang wahabi yg ikut aktif dlam pngajian2 para ustadz wahabi.tman sy tu tdk pny ltar blakang santri,bca qur'an pun ga lancar.jjur sy kasihan mlihatnya.ini crita fakta dr pngalaman prgaulan sy bkn kdustaan.smoga Alloh SWT SLALU mmberi hidayah kpd kt smua

Agus m shodik mengatakan...

ikutilah ahlu sunnah wal jama'ah
bkn wahabi

Syifa Ajzah mengatakan...

Knpa wahabi jiarah ke makam, dan mengucapkan shalawat dll tidak diperbolehkan...,
wahabi sesat dan menyesatkan..

Syifa Ajzah mengatakan...

wahabi sesat dan menyesatkan..titik

Anonim mengatakan...

ane bukan pengikut WAHABI...

tpi ane ngaji quran dan hadist..
karena itu yg benar dan haq

kami bamgga jadi warga Nu mengatakan...

Muhammad bin abdul wahab
Hanya sirik pd sahabat rasullah
Dan dia mendirikan aliran ya sensiri
Yg Di dalangi oleh yahuudi
Karna pd jaman itu yahuudi tidak bisa mengalahkan Islam
Jd yahudi menemukan Muhammad bin abdul wahab
Untuk memecah belahkan Islam
Jadi kenapa qt harus mengikuti faham wahabi /salafi

agus riyanto mengatakan...

eealah...benar itu hanya Alloh swt..jgn berdebat

Saifuddin Marzuqi mengatakan...

tegas tp keras kepala, , , bodoh, , , tdak punya perasaan, smua hanya difikir pake akal doang, , , , , FUCK WAHABI, , , , ANJING ORANG2 WAHABI

Saifuddin Marzuqi mengatakan...

tegas tp keras kepala, , , bodoh, , , tdak punya perasaan, smua hanya difikir pake akal doang, , , , , FUCK WAHABI, , , , ANJING ORANG2 WAHABI

Ayana mengatakan...

Insya اَللّهُ semua akan ketahuan dan terlambat bila kita sudah ada di alam kubur nanti.
Jadi berdoa aja supaya اَللّهُ menunjukan jalan yang benar, jangan karna di dunia maya banyak yang bilang aliran a paling bener atau b yang memaki2 karna dya juga mengklaim paling benar akhirnya malah bikin kamu bingung.
Inilah yang disebut perpecahan islam kedalam 70 golongan *cmiiw yaa...
Biarlah semua orang yang memang memegang pendapatnya masing2 akan dimintakan pertanggungjawaban atas keyakinan atas alirannya di akhirat nanti.
Yang penting terus belajar dan tetap minta petunjuk kepada-Nya supaya dibukakan pintu ilmu yang benar.
Wallahu 'alam bissawab

Anonim mengatakan...

Tanda tanda kiamat...

Anonim mengatakan...

Mari berdoa: Allhumma arinal hakko hako warzukna tibaa"a wa arinal batila batila warzukna ijtinaba. amiiiin...........

Ronie Ajah mengatakan...

lebih mantep ama SALAFI
yg bilang SALAFI sesat hanyalah orang yg menyimpang,yg hanya mengikuti hawa nafsunya serta org yg ikut-ikutan aja

Anonim mengatakan...

kita semua itu sedang berenang, mencari tambatan keselamatan, sebelum titik akhir kita belum tahu siapa yang benar

Anonim mengatakan...

mengaku pengikut muhammad saw, tetapi yang diikuti yang enak2, yang ringan2, yang enteng2, yang suka2. giliran diminta mengikuti yang berat.... ee malah nyanyi nyanyi...!

Anonim mengatakan...

Anjing teriak anjing.hahaha

Anonim mengatakan...

Salamun'alaikum. Semoga rahmat Allah atas kalian. Islam yg utama adalah ketika saudaranya selamat dari lisan dan perbuatannya. Celakalah setiap pengumpat dan pencela, Quran. Klo mau diskusi yg sopan, baik dan tidak menyakiti hati orang lain. Ingat, Allah tidak lengah dengan apa yg kita ucapkan. Cacian/hujatan dan celaan bisa menjelaskan sampai mana antum tau islam. Katanya, rahmatan lil'alamin, lemah lembut.

Frans Kuper

Anonim mengatakan...

aneehhh....situs islam dihancurkan.tapi mabuk,jinah,judi di biarkan.padahal itu yang jelas2 rasul berantas di jaman jahiliah.saya bukan NU.Bukan Persis.bukan muhamadiyah tapii saya anti WAHABI

Anonim mengatakan...

HINDARI WAHABI....
WAHABI ADALAH PERUSAK ISLAM.......

SALAM ....

AHMAD mengatakan...

HINDARI WAHABI.............. JANGAN IKUTIIIIII...

Rakhmat Satrio Wibowo mengatakan...

Alhamdulillah kita telah diberi hidayah Islam oleh Allah. 'Pohon amalan' bisa dilihat dari 'buah akhlak'nya. Kenapa harus menyalahkan wajib shalat dimasjid kalau itu yang lebih utama? Tidak semua yang dituduhkan oleh website ini benar. Malah menurut saya sangat tidak mendidik karena menimbulkan kebencian dan 'memanggil' saudara semuslim dengan gelar yang buruk. Setahu saya ulama salaf MENGHINDARI adanya bid'ah. Mereka juga menghormati perbedaan pendapat. Juga bershalawat seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Kalau bisa anda memberikan alasan menuduh wahabi/salaf sesat dengan bandingan yang lebih baik tolong cantumkan dalilnya. Salah satu website yang bisa anda baca : http://media.isnet.org/islam/Etc/Wahabi.html

Cukup Allah SWT yang menjadi saksi dan pemberi keputusan masalah ini.

ajos mengatakan...

@ Agus m shodik : saya setuju banget sama mas Agus yakni ikut ahlussunnah wal jama'ah... memang landasan kita dalam beragama Islam adalah AlQur'an dan Sunnah Rasul SAW....
Semua kita yang beragama Islam selalu bilang kalo landasannya AlQur'an dan Sunnah...tapi kenapa prakteknya ber-beda2..?apakah ini dikarenakan pemahaman kita tidak sama sebagaimana pemahaman para sahabat...? kan Nabi kita sudah menyebutkan bahwa generasi terbaik adalah generasiku artinya generasi sahabat..trus para Tabi'in dan Tabiut Tabi'in..
Ibaratnya kita ingin mengambil air yang jernih tentu kita ambil di hulunya (tempat asal air tsb...), sebab kalo diambil yang di muara, pastilah sudah terkontaminasi dan tercampur sehingga tidak jernih lagi... Bagi rekan2 yang menghujat dan memaki2, sebaiknya introspeksi lah...sesama muslim adalah bersaudara yakni sama2 melafazkan syahadat...

rahmat setiawan mengatakan...

Wahabi tidak mau tunduk kepaada barat mata mu buta apa,liat tuh arab saudi sahabat karib nya amerika,apa mahzab nya tuh,peko di pelihara

rahmat setiawan mengatakan...

Wahabi tidak mau tunduk kepaada barat mata mu buta apa,liat tuh arab saudi sahabat karib nya amerika,apa mahzab nya tuh,peko di pelihara

Anonim mengatakan...

Dalam hadistnya Rasulullah berpesan "Barangsiapa yang hidup sepeninggalku nanti akan melihat banyak perselisihan, tetaplah pada sunnahku dan sunnah kulafaurosidin, peganglah erat dengan gigi gerahammu" Saudaraku janganlah jadi korban ketololkan lebih fanatik pada golongan dan organisasi, Islam itu nggak ada NU, Muhamadiyah, Wahabi,Sunni, Si'ah, Islam itu hanya ada Qur'an dan Hadist, itulah yg di sebut ahlussunah waljamaah.

Anonim mengatakan...

Betul sekali, apalagi keluarga saudi, keluarga saudi itu sebenarnya orang yahudi, cari aja latar belakang keluarga saudi

Ahmad Habibi mengatakan...

﴾ Al Baqarah:26 ﴿Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?". Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,

﴾ Al Baqarah:27 ﴿(yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.

//
Apakah kaum Wahabi tidak pernah membaca ayat ini? Jelas jelas Al Quran itu harus di jabarkan, harus di gali dan ditafsirkan. Bukan asal sesuai bacaan yang ada di Al Quran. Jelas jelas Allah SWT membuat perumpamaan, dengan perumpamaan tersebut banyak manusia tersesat (KARENA TIDAK DIGALI ATAU DITAFSIR). Dan penganut Wahabi, apakah mereka cukup ilmu untuk mentafsirkan perumpamaan dalam Quran secara mandiri? Sedangkan mereka hanya mau menerima secara murni tanpa tafsir? Sedangkan sahabat Nabi dan keempat Imam adalah orang terdekat dengan baginda Nabi Muhammad SAW

idris badruddin mengatakan...

kenapa harus saling memaki, mari kembali pada AL-QUR'AN dan SUNNAH shohih.coba pelajari kembali islam dengan cara santun.karna toh kebenaran yang paling Haq itu milik ALLAH swt.dan menyikapi sesuatu dengan emosi adalah akan menutup kebenaran itu sendiri.

idris badruddin mengatakan...

mari menyikapi banyak hal dengan santun,

ody limbo mengatakan...

semua aliran seperti mengalirnya air tp semua menuju ke laut. so..... mari kita bahas lautnya aja jgn bhs alirannya.

ody limbo mengatakan...

aliran itu seperti mengalirnya air dari setiap penjuru menuju laut. so....... baiknya kita bahas lautnya aja . tp klu kita mau menyelami laut hrs mmbawa peralatan yg lengkap, karena laut bkn sungai/selokan. tp ckp dgn memandang laut hati kita sdh tenang.akankah kita menyelaminya ?
SMG.......Amiiiin

ody limbo mengatakan...

semua aliran seperti mengalirnya air tp semua menuju ke laut. so..... mari kita bahas lautnya aja jgn bhs alirannya.

Anonim mengatakan...

Wahabi itu nggak ada ,
Itu cuma fitnah orang2 fasik ,
Kalo belum ada ilmu jangan suka mencela pendapat yg diatas dalil al-qur'an dan sunnah ,

Anonim mengatakan...

MasyaAllaah... inikah yg namanya perpecahan umat... jika kita mengaku seorang muslim. Seharusnya kita saling mengingatkan dalam kebenaran dan dengan kesabaran.... jika kita ikut nafsu / emosi maka sekalipun yg dibela benar. Kita tetap salah karena sumpah serapah dan cara-cara yg tidak mencerminkan nilai-nilai islam...
Marilah saudaraku... jangan membuat orang non muslim dan syaithan bahagia dng pertengkaran kira yg seperti ini. Setidaknya kita yg sama membaca ini bisa saling mengingatkan sebagaimana rosulullaah mengingatkan... jika kita benar. Dan aliran lain salah... maka tunjukkan dalam akhlak kita yang tegas dengan kebenaran namun dengan cara cara yg sabar.....
Srmoga kita tetap ditunjukkan kebenaran... amiiin.

Anonim mengatakan...

Saudaraku. Bacalah dulu yg lengkap seluruh tulisan dan bagiannya . Baru berkomentar dan menilai.
Buat penulis. Knp tdk mengedit tulisannya. Agar tdk trllu provokasi yg hanya mengundang "permsuhan" dari semua pihak.
Jangan bukan front "di depan" tdk akan mencerahkan.....

Husni Thamrin mengatakan...

kalo ada merk mobil bernama "WAHABI" keren juga ya, pasti laku di Arab saudi wkwkwk

Anonim mengatakan...

Subhanallah,walhamdulila,walailahailallah, allahuakbar,,,

Ampuni hamba ya allah atas dosaa hamba... Amiin

Heri wahyudin mengatakan...

Saya sarankan, anda semua mengkaji dulu semua imam mazbab yang 4,, baca semua kitab-kitabnya, jangan pilih-pilih, insya allah jika anda semua faham kitab-kitab yg dibuat oleh imam mazhab yg 4 anda tidak akan berkata itu semua,,

boezmedy limbua mengatakan...

justru WAHABI yang merasa dirinya benar, belagak pintar dll... Buktinya ia mengkafirkan seluruh ulama salaf dan khalaf terdahulu, kecuali Ibnu Taimyah. Apa cuma Ibnu Taimiyah yang Islam?

boezmedy limbua mengatakan...

justru WAHABI yang merasa diri plig bner, belagak pintar, dll.,.. Buktinya ia mgkafirkan ulama salaf dan khalaf kecuali Ibn Taimiyah dan pengikutnya. Apa cuma Ibn Taimiyah yang ulama?

munzier riswantoro sakti mengatakan...

kebenaran cuma milik ALLAH semua mengatakan ajaran mereka benar ,,

munzier riswantoro sakti mengatakan...

ALLAH maha tau apa yang di bumi dan di langit..semua megatakan ajaran mereka benar..sampai mereka lupu,,kebenaran cuma milik ALLAH.

sajiwo mengatakan...

wahai adalah propaganda yahudi

hairul_12 mengatakan...

FATWA "SIAPA WAHABI?"

Siapa yang tidak tahu dengan "Wahabi" banyak yang menisbatkan istilah ini kepada Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, bahkan cap ini lah yang sangat kental kepadanya, dan akhirnya kita termakan habis dengan istilah ini tanpa tahu apa yang Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dakwahkan. Berikut ini fatwa "Siapakah wahabi?"

Soal:
“Siapakah wahabi?”

Jawab:
Wahabi adalah kata yang dimunculkan oleh para penentang dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah. Padahal Syaikh rahimahullah berdakwah untuk memurnikan tauhid dari berbagai macam kesyirikan. Beliau ingin menghapus berbagai macam cara beragama di luar yang dituntunkan oleh Nabi kita Muhammad bin Abdillah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Maksud dari pemunculan nama ini sebenarnya adalah untuk menjauhkan dan menghalangi manusia dari dakwah beliau.
Namun usaha semacam ini tidaklah membahayakan dakwah beliau. Bahkan dakwah beliau semakin tersebar di berbagai penjuru dunia dan semakin dicintai.

Di antara mereka yang diberi taufik oleh Allah untuk mengenal dakwah beliau, mereka melakukan penelitian lebih lanjut tentang hakikat dakwah beliau, mereka pun membelanya, karena beliau selalu bersandar pada dalil Al Kitab dan As Sunnah yang shohih pada setiap apa yang beliau sampaikan. Sehingga mereka semakin berpegang teguh dengan dakwahnya, mengikutinya dan mengajak manusia kepada dakwah beliau. Wa lillahil hamd (Segala pujian hanyalah milik Allah).

Wabillahit taufiq. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, juga kepada pengikut dan para sahabatnya.
Yang menandatangani fatwa ini: Anggota : Syaikh Abdullah bin Ghodyan Wakil Ketua : Syaikh Abdur Rozaq ‘Afifi Ketua : Syaikh Abdul ‘Aziz bin Abdillah bin Baz

[Fatwa Al Lajnah Ad Da’imah Lil Buhuts Al ‘Ilmiyah wal Iftah (Komisi Tetap Urusan Riset dan Fatwa Kerajaan Arab Saudi) no. 9450, pertanyaan kedua]

Sumber: http://muslim.or.id/fatwa-ulama/fatwa-ulama-wahabi-dan-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahab.html

bambang purwanto mengatakan...

sederhana itulah yang dicontohkan RASULULLAH
apa adanya, tidak ngoyo, santun dan mulia.. dan lagi tak ada character assasination (pembunuhan karakter), bahkan memuliakan orang orang yang kurang paham dan mengerti. at least sederhana itu indah. makin tinggi ilmu maka makin kencang topan badai menerpa.
jadikanlah contoh rasul yang mulia yang tidak memaksakan kehendak apalagi membunuh orang dengan kekerasan, santun dan mulia.

Anonim mengatakan...

alquran n hadis benar.... tp tuk memahaminya perlu ulama2... karna tu hukum islam tu ya dari alquran hadis ijma, qiyas... jngan hanya 2 sajja...

terminalcctvbekasi mengatakan...

wahabbi hanya bisa kalah dengan dzikir jahar, wahabbi kocar-kacir dengan mendengar kata LAA ILLAHAILLAH.maka dari itu marilah kita sama-sama berdzikir keras dimasjid-masjid dan bersholawat agar kita dapat mengalahkan wahabi. SEMANGAT.....

Anonim mengatakan...

Allah maha tahu
Baca juga sejarah Muhammad bin Abdul Wahab (wikipedia)
Menurut aku, “Dilarang Mengkultuskan Seseorang“
Ajaran Wahabi itu bagus, tegas tapi aku tidak mengkultuskan Muhammad Bin Abdul Wahab.
Demikian halanya dengan Rasululloh: Sembahlah Tuhanmu, Tuhan kita semua.

sari mengatakan...

santri sebenarnya menggunakan al quran dan hadist itu benar cuma jangan dimakan mentah2 dan itu butuh penafsiran lah orang yang mampu itu ulama' karena beliau faham betul gramatika arab dan orang arabpun belum tentu faham dengan gramatika arab.dan juga membutuhkan ijma' dan qiyasnya para ulama'.

sari mengatakan...

santri ibnu taimiyah itu memang cerdas cuma beliau itu tidak mempunyai guru.yang menyebabkan beliau salah pemahaman.dan ibnu abdul wahab mempelajari kitab ibnu taimiyah.bagamana seseorang yang belajar tanpa guru kalau salah siapa yang mengingatkan.

sari mengatakan...

santri coba sebelum manafsiri al qur'an dan hadist ilmu alatnya di matangkan dulu.

Ari mengatakan...

Klo aq ikut Al Quran dan hadist yg shohih aja. Buat apa ngikut aswaja yg blm tentu kebenaranx

Anonim mengatakan...

wahabi gila,sarap penista ahlussunnah

Anonim mengatakan...

#Perbedaan dua "Wahabi"#

Siapa itu wahabi..? Apakah anda mengenalnya, atau anda hanya terbawa doktrin kebencian karna fakirnya ilmu dan membenci kemurnian islam..

Bagaimanakah sejarah penamaan mereka??

Marilah kita simak dialog Ilmiah yang sangat menarik antara Syaikh Muhammad bin Sa’ad Asy Syuwai’ir dengan para masyaikh/dosen-dosen disuatu Universitas Islam di Maroko.
...
____________________________
Salah seorang Dosen itu berkata: ”Sungguh hati kami sangat mencintai Kerajaan Saudi Arabia, demikian pula dengan jiwa-jiwa dan hati-hati kaum muslimin sangat condong kepadanya, dimana setiap kaum muslimin sangat ingin pergi kesana, bahkan antara kami dengan kalian sangat dekat jaraknya. Namun sayang, kalian berada diatas suatu Madzhab, yang kalau kalian tinggalkan tentu akan lebih baik, yaitu Madzhab Wahabi.”

============================
Kemudian Asy Syaikh dengan tenangnya menjawab: ”Sungguh banyak pengetahuan yang keliru yang melekat dalam pikiran manusia, yang mana pengetahuan tersebut bukan diambil dari sumber-sumber yang terpercaya, dan mungkin kalian pun mendapat khabar-khabar yang tidak tepat dalam hal ini.

Baiklah, agar pemahaman kita bersatu, maka saya minta kepada kalian dalam diskusi ini agar mengeluarkan argumen-argumen yang diambil dari sumber-sumber yang terpercaya,dan saya rasa di Universitas ini terdapat Perpustakaan yang menyediakan kitab-kitab sejarah islam terpercaya .Dan juga hendaknya kita semaksimal mungkin untuk menjauhi sifat Fanatisme dan Emosional.”

____________________________
Dosen itu berkata : ”saya setuju denganmu, dan biarkanlah para Masyaikh yang ada dihadapan kita menjadi saksi dan hakim diantara kita.

============================
Asy Syaikh berkata : ”saya terima, Setelah bertawakal kepada Allah, saya persilahkan kepada anda untuk melontarkan masalah sebagai pembuka diskusi kita ini.”

____________________________
Dosen itu pun berkata :
”baiklah kita ambil satu contoh, ada sebuah fatwa yang menyatakan bahwa firqoh wahabi adalah Firqoh yang sesat. Disebutkan dalam kitab Al-Mi ’yar yang ditulis oleh Al Imam Al-Wansyarisi, beliau menyebutkan bahwa Al-Imam Al-Lakhmi pernah ditanya tentang suatu negeri yang disitu orang-orang Wahabiyyun membangun sebuah masjid,”Bolehkan kita Sholat di Masiid yang dibangun oleh orang-orang wahabi itu ?? ”maka Imam Al-Lakhmi pun menjawab: ”Firqoh Wahabiyyah adalah firqoh yang sesat, yang masjidnya wajib untuk dihancurkan, karena mereka telah menyelisihi kepada jalannya kaum mu ’minin, dan telah membuat bid’ah yang sesat dan wajib bagi kaum muslimin untuk mengusir mereka dari negeri-negeri kaum muslimin ”.

(wajib kita ketahui bahwa Imam Al-Wansyarisi dan Imam Al-Lakhmi adalah ulama ahlusunnah)

Dosen itu berkata lagi :”Saya rasa kita sudah sepakat akan hal ini, bahwa tindakan kalian adalah salah selama ini,”

Anonim mengatakan...

============================
Kemudian Asy Syaikh menjawab : ”Tunggu dulu..!! kita belum sepakat, lagipula diskusi kita ini baru dimulai, dan perlu anda ketahui bahwasannya sangat banyak fatwa yang seperti ini yang dikeluarkan oleh para ulama sebelum dan sesudah Al-Lakhmi, untuk itu tolong anda sebutkan terlebih dahulu kitab yang menjadi rujukan kalian itu !”

____________________________
Dosen itu berkata: ”anda ingin saya membacakannya dari fatwanya saja, atau saya mulai dari sampulnya ??”

============================
Asy Syaikh menjawab:”dari sampul luarnya saja.”

____________________________
Dosen itu kemudian mengambil kitabnya dan membacakannya: ”Namanya adalah Kitab Al-Mi’yar,yang dikarang oleh Ahmad bin Muhammad Al-Wansyarisi. Wafat pada tahun 914 H di kota Fas, di Maroko.”

============================
Kemudian Asy Syaikh berkata kepada salah seorang penulis di sebelahnya:”wahai syaikh, tolong catat baik- baik, bahwa Imam Al-Wansyarisi wafat pada tahun 914 H. Kemudian bisakah anda menghadirkan biografi Imam Al- Lakhmi??”

Anonim mengatakan...

____________________________
Dosen itu berkata:
”Ya,”kemudian dia berdiri menuju salah satu rak perpustakaan, lalu dia membawakan satu juz dari salah satu kitab-kitab yang mengumpulkan biografi ulama. Didalam kitab tersebut terdapat biografi Ali bin Muhammad Al-Lakhmi, seorang Mufti Andalusia dan Afrika Utara.

============================
Kemudian Asy Syaikh berkata : ”Kapan beliau wafat?”
Yang membaca kitab menjawab: ”beliau wafat pada tahun 478 H”

Asy Syaikh berkata kepada seorang penulis tadi: ”wahai syaikh tolong dicatat tahun wafatnya Syaikh Al-Lakhmi ” kemudian ditulis.

Lalu dengan tegasnya Asy Syaikh berkata : ”Wahai para masyaikh….!!! Saya ingin bertanya kepada antum semua …!!! Apakah mungkin ada ulama yang memfatwakan tentang kesesatan suatu kelompok yang belum datang (lahir) ???? kecuali kalau dapat wahyu????”

____________________________
Mereka semua menjawab :”Tentu tidak mungkin, Tolong perjelas lagi maksud anda !”

============================
Asy syaikh berkata lagi : ”bukankah wahabi yang kalian anggap sesat itu adalah dakwahnya yang dibawa dan dibangun oleh Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab????

____________________________
Mereka berkata : ”Siapa lagi???”

Anonim mengatakan...

============================
Asy Syaikh berkata:”Coba tolong perhatikan..!!! Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab lahir pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H, …

Nah,ketika Al-Imam Al-Lakhmi berfatwa seperi itu, jauh RATUSAN TAHUN lamanya syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab belum lahir.. bahkan sampai 22 generasi keatas dari beliau sama belum yang lahir..apalagi berdakwah..

KAIF ??? GIMANA INI???

(Merekapun terdiam beberapa saat..)

____________________________
Kemudian mereka berkata:”Lalu sebenarnya siapa yang dimaksud Wahabi oleh Imam Al-Lakhmi tersebut ??” mohon dielaskan dengan dalil yang memuaskan, kami ingin mengetahui yang sebenarnya !”

============================
Asy Syaikh pun menjawab dengan tenang : ”Apakah anda memiliki kitab Al-Firaq Fii Syimal Afriqiya, yang ditulis oleh Al-Faradbil, seorang kebangsaan Francis ?”

____________________________
Dosen itu berkata:”Ya ini ada,”

============================
Asy Syaikh pun berkata :”Coba tolong buka di huruf “ wau” ..maka dibukalah huruf tersebut dan munculah sebuah judul yang tertulis “ Wahabiyyah”

Kemudian Asy Syaikh menyuruh kepada Dosen itu untuk membacakan tentang biografi firqoh wahabiyyah itu.

Anonim mengatakan...

____________________________
Dosen itu pun membacakannya: ”Wahabi atau Wahabiyyah adalah sebuah sekte KHOWARIJ ABADHIYYAH yang dicetuskan oleh Abdul Wahhab bin Abdirrahman bin Rustum Al-Khoriji Al- Abadhi, Orang ini telah banyak menghapus Syari’at Islam, dia menghapus kewajiban menunaikan ibadah haji dan telah terjadi peperangan antara dia dengan beberapa orang yang menentangnya. Dia wafat pada tahun 197 H di kota Thorat di Afrika Utara. Penulis mengatakan bahwa firqoh ini dinamai dengan nama pendirinya, dikarenakan memunculkan banyak perubahan dan dan keyakinan dalam madzhabnya. Mereka sangat membenci Ahlussunnah.

Setelah Dosen itu membacakan kitabnya

============================
Asy Syaikh berkata : ”Inilah Wahabi yang dimaksud oleh imam Al-Lakhmi, inilah wahabi yang telah memecah belah kaum muslimin dan merekalah yang difatwakan oleh para ulama Andalusia dan Afrika Utara sebagaimana yang telah kalian dapati sendiri dari kitab-kitab yang kalian miliki. Adapun Dakwah yang dibawa oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab yang didukung oleh Al-Imam Muhammad bin Su’ud-Rahimuhumallah-, maka dia bertentangan dengan amalan dakwah Khowarij, karena dakwah beliau ini tegak diatas kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih, dan beliau menjauhkan semua yang bertentangan dengan keduanya, mereka mendakwahkah tauhid, melarang berbuat syirik, mengajak umat kepada Sunnah dan menjauhinya kepada bid ’ah, dan ini merupakan Manhaj Dakwahnya para Nabi dan Rasul.

Syubhat yang tersebar dinegeri-negeri Islam ini dipropagandakan oleh musuh- musuh islam dan kaum muslimin dari kalangan penjajah dan selain mereka agar terjadi perpecahan dalam barisan kaum muslimin.

Sesungguhnya telah diketahui bahwa dulu para penjajah menguasai kebanyakan negeri-negeri islam pada waktu itu,dan saat itu adalah puncak dari kekuatan mereka. Dan mereka tahu betul kenyataan pada perang salib bahwa musuh utama mereka adalah kaum muslimin yang bebas dari noda yang pada waktu itu menamakan dirinya dengan Salafiyyah. Belakangan mereka mendapatkan sebuah pakaian siap pakai, maka mereka langsung menggunakan pakaian dakwah ini untuk membuat manusia lari darinya dan memecah belah diantara kaum muslimin, karena yang menjadi moto mereka adalah “PECAH BELAHLAH MEREKA, NISCAYA KAMU AKAN MEMIMPIN MEREKA ”

Sholahuddin Al-Ayubi tidaklah mengusir mereka keluar dari negeri Syam secara sempurna kecuali setelah berakhirnya daulah Fathimiyyah Al-Ubaidiyyin di Mesir, kemudian beliau (Sholahuddin mendatangkan para ulama ahlusunnah dari Syam lalu mengutus mereka ke negeri Mesir, sehingga berubahlah negeri mesir dari aqidah Syiah Bathiniyyah menuju kepada Aqidah Ahlusunnah yang terang dalam hal dalil, amalan dan keyakinan.
=========================================================================== =========
Abdul Wahhab bin Abdirrahman bin Rustum wafat pada tahun 197 H
Syaikh Al-Lakhmi wafat pada tahun 478 H
Imam Al-Wansyarisi wafat pada tahun 914 H
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab lahir pada tahun 1115 H dan wafat pada tahun 1206 H
==========================

Via : Langkah menuju kebahagiaan

Anonim mengatakan...

Jika kaum wahabi dengan tegas memusuhi amerika, lalu kenapa Almarhum Osama Bin Laden (salah satu anak orang kaya di arab saudi) yang memusuhi amerika tidak dapat tinggal dan berlindung di Arab Saudi ya? ane yakin kalo Osama penganut Wahabi/salafi.
secara, kalo Osama bergerilya pun bisa berlindung di negara sendiri? tapi kenapa osama memutuskan pindah dari saudi?

mungkin karena pemerintah saudi CS-an sama Josh Bush kali ya? hehehe katanya membenci barat.

Anonim mengatakan...

wahabi mah aliran keras aliran takfiri yang beda dengan wahabi pasti di vonis kafir n sumber bida'h. hati hati wahabi jadi sumber perpecahan....sesat menyesatkan

aryasugovay mengatakan...

Saudaraku kaum muslimin himdari perdebatan karnaitu hanya akan membuat kt lebih mudah di perdaya oleh SYAITON Semua pembicaraan harus kebaikan,
(QS 4/114, & QS 23/3), dlm hadits nabi
SAW disebutkan:
“Barangsiapa yang beriman pada ALLAH
& hari akhir maka hendaklah berkata baik atau lebih baik diam.” (HR Bukhari
Muslim)

Anonim mengatakan...

Aneh artikelnya, dangkal pemahaman agama penulisnya. Provokator sebenarnya!

Nahdatul Ulama mengatakan...

Siapakah Wahabi?

Oleh : Admin Nahdatul Ulama
FATWA AL-LAKHMI DITUJUKAN KEPADA WAHABI (ABDUL WAHHAB BIN ABDURRAHMAN BIN RUSTUM) SANG TOKOH KHAWARIJ BUKAN KEPADA SYAIKH MUHAMMAD ABDUL WAHAB

Mengenai fatwa Al-Imam Al-Lakhmi yang dia mengatakan bahwa Al-Wahhabiyyah adalah salah satu dari kelompok sesat Khawarij. Maka yg dia maksudkan adalah Abdul Wahhab bin Abdurrahman bin Rustum dan kelompoknya bukan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya. Hal ini karena tahun wafat Al-Lakhmi adalah 478 H sedangkan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab wafat pada tahun 1206 H /Juni atau Juli 1792 M. Amatlah janggal bila ada orang yg telah wafat namun berfatwa tentang seseorang yg hidup berabad-abad setelahnya. Adapun Abdul Wahhab bin Abdurrahman bin Rustum maka dia meninggal pada tahun 211 H. Sehingga amatlah tepat bila fatwa Al-Lakhmi tertuju kepadanya. Berikut Al-Lakhmi merupakan mufti Andalusia dan Afrika Utara dan fitnah Wahhabiyyah Rustumiyyah ini terjadi di Afrika Utara. Sementara di masa Al-Lakhmi hubungan antara Najd dgn Andalusia dan Afrika Utara amatlah jauh. Sehingga bukti sejarah ini semakin menguatkan bahwa Wahhabiyyah Khawarij yg diperingatkan Al-Lakhmi adl Wahhabiyyah Rustumiyyah bukan Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para pengikutnya. [Lihat kitab Al-Mu’rib Fi Fatawa Ahlil Maghrib, karya Ahmad bin Muhammad Al-Wansyarisi, juz 11.]

Penulis: Al-Ustadz Ruwaifi’ bin Sulaimi Lc. Syariah Manhaji 24 – Maret – 2006 20:20:30

Nahdatul Ulama mengatakan...

Perbedaan Da’wah Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum Dan Da’wah Syaikh Muhammad Abdul Wahhab
1.Da’wah Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum (Khawarij)

Khawarij adalah salah satu kelompok dari kaum muslimin yang mengkafirkan pelaku maksiat (dosa besar), membangkang dan memberontak terhadap pemerintah Islam, dan keluar dari jama’ah kaum muslimin.

Termasuk dalam kategori Khawarij, adalah Khawarij generasi awal (Muhakkimah Haruriyah) dan sempalan-sempalannya, seperti al-Azariqah, ash-Shafariyyah, dan an-Najdat –ketiganya sudah lenyap– dan al-Ibadhiyah –masih ada hingga sekarang–. Termasuk pula dalam kategori Khawarij, adalah siapa saja yang dasar-dasar jalan hidupnya seperti mereka, seperti Jama’ah Takfir dan Hijrah. Atas dasar ini, maka bisa saja Khawarij muncul di sepanjang masa, bahkan betul-betul akan muncul pada akhir zaman, seperti telah diberitakan oleh Rasulullah.

“Pada akhir zaman akan muncul suatu kaum yang usianya rata-rata masih muda dan sedikit ilmunya. Perkataan mereka adalah sebaik-baik perkataan manusia, namun tidaklah keimanan mereka melampaui tenggorokan Maksudnya, mereka beriman hanya sebatas perkataan tidak sampai ke dalam hatinya – red. Mereka terlepas dari agama; maksudnya, keluar dari ketaatan – red sebagaimana terlepasnya anak panah dari busurnya. Maka di mana saja kalian menjumpai mereka, bunuhlah! Karena hal itu mendapat pahala di hari Kiamat.” (HR. Al Bukhari no. 6930, Muslim no. 1066)
Lihat kelengkapannya Di sini

http://alqiyamah.wordpress.com/2008/06/22/khawarij-bahaya-laten-bagi-kaum-muslimin/

Nahdatul Ulama mengatakan...

2. Da’wah Syaikh Muhammad Abdul Wahhab (Ahlussunnah Wal Jama’ah)

Alangkah baiknya kami paparkan terlebih dahulu penjelasan singkat tentang hakikat dakwah yang beliau serukan. Karena hingga saat ini ‘para musuh’ dakwah beliau masih terus membangun dinding tebal di hadapan orang-orang awam, sehingga mereka terhalang untuk melihat hakikat dakwah sebenarnya yang diusung oleh beliau.

Syaikh berkata,

“Segala puji dan karunia dari Allah, serta kekuatan hanyalah bersumber dari-Nya. Sesungguhnya Allah ta’ala telah memberikan hidayah kepadaku untuk menempuh jalan lurus, yaitu agama yang benar; agama Nabi Ibrahim yang lurus, dan Nabi Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Alhamdulillah aku bukanlah orang yang mengajak kepada ajaran sufi, ajaran imam tertentu yang aku agungkan atau ajaran orang filsafat.

Akan tetapi aku mengajak kepada Allah Yang tiada sekutu bagi-Nya, dan mengajak kepada sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah diwasiatkan kepada seluruh umatnya. Aku berharap untuk tidak menolak kebenaran jika datang kepadaku. Bahkan aku jadikan Allah, para malaikat-Nya serta seluruh makhluk-Nya sebagai saksi bahwa jika datang kepada kami kebenaran darimu maka aku akan menerimanya dengan lapang dada. Lalu akan kubuang jauh-jauh semua yang menyelisihinya walaupun itu perkataan Imamku, kecuali perkataan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena beliau tidak pernah menyampaikan selain kebenaran.” (Kitab ad-Durar as-Saniyyah: I/37-38).
“Alhamdulillah, aku termasuk orang yang senantiasa berusaha mengikuti dalil, bukan orang yang mengada-adakan hal yang baru dalam agama.” (Kitab Muallafat Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab: V/36).

Lihat kelengkapannya di sini

http://muslim.or.id/manhaj/buku-putih-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahab-1.html

http://muslim.or.id/manhaj/buku-putih-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahab-2.html

http://muslim.or.id/aqidah/inilah-aqidah-syaikh-muhammad-bin-abdul-wahhab.html

Nahdatul Ulama mengatakan...

Jadi ternyata Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab bukan wahabi dan wahabi bukan dari Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Akan tetapi Wahabi dari Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum

Demikian pula ternyata Salafy bukan wahabi dan wahabi bukan Salafy karena berbeda dalam Aqidah dan Manhaj

Dan negara Kerajaan Saudi Arabia bukan negara wahabi. Akan tetapi Negara Islam yang Bermanhaj Salaf
Jum'at, 21 Juni 2013 , 14:11:00
Oleh : abdullah
www.nahdatululamaindonesia.com

Si NGARUT mengatakan...

Semoga Allah SWT. Memberi jalan terbaik bagi kita yang bersungguh sungguh. Janganlah saling bertengkar..

Si NGARUT mengatakan...

Semoga Allah SWT .memberi jalan terbaik bagi kita yang bersungguh2 jangan bertengakar carilah titik terangnya dengan bersama sama

Anonim mengatakan...

ALLAH maha tahu, Jika Wahabi itu tidak baik, tentu sudah di singkirkan dari Mekah dan Madinah, contoh saja di Indonesia banyak ustad bawa aturan aturan menurut manusia benar, tetapi berjalannya waktu hilang dengan sendirinya, malah ada yang di jatuhkan dengan wanita, harta dan tahta.

Kumar Patel mengatakan...

Bismillahirrahmanirrahim. Wahabi adalah bagian Khawarij yang diusung oleh Abdulwahab bin Abdurrahman bin Rustum (wafat 211 H). Jadi, jelas bukan ahlus sunnah. Dia bukanlah Muhammad bin Abdulwahab (wafat 1206 H) yang sering dituduh macam-macam, misalnya mengajarkan terorisme, pengeboman, pengkafiran membabi-buta, dsb. Ada baiknya kita mempelajari lagi semua informasi yang ada, agar dijauhkan dari kesalahpahaman dan fitnah. Wallahu a'lam.

Anonim mengatakan...

ahlan wa sahlan saudaraku ,, ane cuma mau kasih tau ini akhir dunia ,ini dunia akhir dan ini umat nabi yang trakir,,, jadi antum semua berfikir kalau di akhir jaman ini ada 72 golongan umat manusia yg mengaku ahlusunnah waljamaah,,, tetapi kenyataan nya 0 ,,, orang yang baik ,orang yg tau itu meluruskan bukan saling menyalahi belajarlah agama yg baik pilihlah guru yg tidak salalu berkata bid'ah,,, karna orang @ yg selalu berkata bid'ah itu orang tidak sadar diri ? knapa ane bilang gak sadar diri?...... karna mreka tidak sadar hidup di jaman bid'ah ,,, contoh nya pakai komputer ,,menggunakan hp,,,, silaturahmi lewat facebook,,, dan sebagainya apakah di jaman nabi itu ada silaturahmi seperti itu.... oleh sebap itu ane sarankan kepada orang 2 yang selalu berkata bid ah tolong di kaji kalau kita ini hidup di jaman bid ah tapi bid ah apa dulu ? bid ah khasanah atau bid'ah dolala,,,,,,

Anonim mengatakan...

pilih bang,yg mna yg benar.!peljari smua'x dlu lo mw milih.ntar krna bngung mlh gk jd islam.
Eaaa,sperti klo' lg beli celana kan ad yg merek lois,levis,cardinal.dpilih'' dlu mna yg cocok,mna yg bgus bahan'x.
Yg pnting jgn smpek tlanjang aj gra'' bngung milih celana..hhee

abdullah mengatakan...

ngaji..ngaji..
Qur'an-hadist'e...
Ngaji sak makna'ne..
Ben ngerti arti ne...
Takok'o ulama yen ra ngerti maksud'e..

Anonim mengatakan...

Istigfar lah..kata kotor semacam ini sangat tidak diucapkan oleh seorang muslim

aa mengatakan...

mungkin sudah rencana Allah. kaum syi'ah paling benci kepada wahabi, karena syi'ah ahli bid'ah.
mereka menggelari wahabi dengan maksud melecehkan.
yang terjadi, maksud makar mereka justru tepat di rencana Allah, karena al-Wahhab merupakan salah satu nama Allah.

innallaaha khairul maakiriin.

Anonim mengatakan...

kenapa pada tuduh-menuduh? jalani dengan baik yang anda anut tanpa bunuh-bunuhan. sudah.

Anonim mengatakan...

Wahabi mnyebarkan alirannya lewat radio streeming n d kampus2,,, WASPADALAH saudaraku !

wonosobo mengatakan...

islam itu bukan hanya berdasarkan alqur'an dan hadist,islam itu didasarkan atas empat yaitu :al qur'an,hadist,ijma' dan qiyas...

sumber:kitab mabadi ul fiqihiyyah 'alaa madzhab al imam Asyafi'i

payminov sky mengatakan...

Komen pendukung salafi SANTUN. Komen anti salafi KASAR

payminov sky mengatakan...

Komen pendukung salafi SANTUN. Komen anti salafi KASAR

Cita Wening Tyas mengatakan...

Bismillah.

Waspadai propaganda syi'ah

Syi'ah yang suka menyebut " wahabi " ke semua muslim yang bersungguh sungguh dalam menjalani Islam. Setiap kali ada muslim yang bersemangat shalat ke masjid langsung dicap wahabi. Setiap muslim yang bersungguh sungguh mengkaji kitab kitab para ulama ahlus sunnah langsung dicap wahabi. Setiap ada muslim yang tidak mau ke dukun langsung dicap wahabi.


Tujuannya apa?

Tidak lain untuk menjauhkan masyarakat dari Islam. Tanpa agama yang kuat, bangsa akan melemah dan mudah diprovokasi. Masa ia sih setiap orang yang berIslam scr sungguh sungguh dicap jelek? Lalu yang bagus itu apa? Tanpa agama?

Sungguh mengenaskan melihat umat Islam mau saja ikut ikutan agama syi'ah dalam menghina ajaran Islam. Saya tidak tau pemilik blog ini syi'ah atau orang yang cuma ikut ikutan.


Berhati hati dengan aqidah taqiyyah (dusta) syi'ah. Berpura pura sbg Islam tp menghina ajaran Islam.

Bertaubatlah..
Azab Allah sangat pedih bagi orang orang yang melampaui batas.

addie kebumen mengatakan...

siapa yang mengkultuskan 4 mazhab juga.
Aku tdk benci tp tdk suka dgn wahabi.

segera mengatakan...

salafy bukan wahaby, bapak2 salah sangka dan tidak punya dasar. kalau ingin tahu salafy pelajari dulu ajarannya salah atau tidak, karena salafy artinya sahabat jadi Al-Qur'an was Sunnah dengan pemahaman yang diajarkan oleh sahabat dan org yg mengikutinya. Pedoman Islam di Arab Saudi mekkah dan Madinah mengikuti pemahaman Salaf jadi negara yg dirahmati Allah dalam doa nabi Ibrahim kok di bilang sesat. Jgn salah mas, fitnah kalian sangat pedas dan jauh dari kebenaran. tanya saja Departemen Agama Arab Saudi pasti mereka menjawab berpemahaman Salaf dan org2 yg mengikutinya disebut Salafy. Fitnah kalian Kejam!!!

segera mengatakan...

Setahu saya Salafy bukan Wahabi, Departemen dakwah Arab Saudi memakai Hukum Islam dan Aqidah Salafy,
Fitnah anda kejam>>

segera mengatakan...

Ulama Madinah yang mengajar Universitas Islam Madinah adalah ulama-ulama Salaf
Sadarkah anda telah men FITNAH mereka!!

segera mengatakan...

anda sadarkah sudah menfitnah rasul

segera mengatakan...

website org2 bodoh agama. lihat sj akhlaqnya dlm komentar, ahli bid'ah and ahli fitnah

You One-dixha Andromeda mengatakan...

"Katakan tidak unt menggunakan nama anonim"

Yang punya tulisan "wahabi vs sunni" ini adalah tidak tau apa itu wahabi. Dia hanya mencap wahabi itu jelek. Di sini ada 2 wahabi. 1 adalah yg aliran kawarij, dan yg lain adalah ahlus sunnah (sunni)
Aliran kawarij adalah mengkafirkan mereka yg berbuat dosa. Sedangkan ahlus sunnah tidak demikian. Semua dosa (kecuali syirik) bisa di ampuni Allah apabila taubat sbelum nyawa sampai di tenggorokan.
Wahabi yg digelari kepada mereka yg menolah ajaran ahli bid'ah, pastilah akan panas.
Koreksi dr saya, gunakan bahasa judul yg tepat. Karna saya rasa yg post judul spt itu adalah orang bego yg doyan provokator.
Jika wahabi yg kalian maksut adalah mereka yg menghindari dan memurnikan tauhid kembali spt yg di ajarkan Baginda Rasulullah, maka saya nyatakan dengan jelas, bahwa SAYA adalah WAHABI tsb.
Koreksi buat yg ga paham ato hanya pahamnya sedikit tentang wahabi, mending ga usah ikut komen, jikalau hanya akan berkata tak baik dan tak bermanfaat.
السلم عليكم ورحمةلله وبركته

You One-dixha Andromeda mengatakan...

Katakan tidak unt menggunakan anonim

Wahabi vs Sunni
Adalah judul yg bego dan memprovokator.
Di sini wahabi ada 2, yg kawarij dan yg ahlus sunnah (sunni)
Wahabi kawarij adalah mereka yg mengkafirkan semua pendosa. Padahal manusia pasti berdosa (pengecualian pd beberapa individu).
Dan wahabi yg lain nya adalah mereka ahlus sunnah (sunni) yg menolak bid'ah. Dan tentu saja yg membencinya adalah ahli bid'ah.

Yang saya pertanyakan,
1.Apakah benar dugaan saya, bahwa yg bikin coretan artikel di atas adalah ahli bid'ah?
2.Apakah benar dugaan saya, bahwa yg komentar berbau hujjah diatas juga ahli bid'ah?

Jika tidak paham wahabi itu apa, mending ga usah komen lagi.
Jika yg dimaksut wahabi itu adalah mereka yg memurnikan tauhid spt yg diajarkan Baginda Rasulullah, maka saya menyatakan bahwa SAYA WAHABI

jaka tarub mengatakan...

Serusak apapun dahan asalkan dia masih menempel pd ranting dia masih dapat bertahan hidup...tetapi ketika dia putus dari rantingya,dia akan kering dan pd akhirnya mati..
Semahal apapun lampu listrik kalau dia tak tersambung pd kabel istrik dia takan dapat menerangi sekelilingnya alias mati..
Itulah yg diharapkan musuh - musuh islam, untuk menghancurkan umat islam, salah satunya yng dianggap bidah oleh wahabi pdahal sngt penting bgi kita umat islam yakni "Wasilah"
Hati - Hati umat muslim indonesia dengan masuknya faham wahabi ke negeri ini yg telah ditunggangi oleh musuh - musuh islam dengan membawa dalih bida'h mereka melarang kita untuk ber"wasilah" kepada leluhur yg telah mendahului kita(orangtua, Guru, para ulama,para tabi'in, para shahabat nabi, Rosululloh Muhammad SAW)
Sehingga kita bagaikan anak ayam yg terpisah dari induknya kita dapat dngn mudah di dikalahkan bahkan dihabisi
Banyak contoh negara - negara muslim yg tdk dpt dikalahkan oleh musuh - musuh islam (orang orang kafir) dgn cara memasukan faham wahabi ke negara tsb mereka akhirnya dpt memecah belah,menguasai dan menjajah negri tsb

Anonim mengatakan...

Dimohon jangan pernah mengkafirkan sesama Islam atau alirannya, hati-hati dengan fitnah kaum nasrani/yahudi. wahabi adalah faham bukan mazhab. pelopornya adalah Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab (al-wahabi). seorang yang cerdas hafal alquran sebelum usianya 10 tahun(kita belum tentukan?).
Aliran Wahabi ini sangat dominan di Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Somalia, Algeria, Palestin dan Mauritania.
tujuan pada masa itu adalah Menyebarkan Dakwah Islamiyah Dan Membenteras Kemusyrikan.
pada masa itu "Kemerosotan agama terutama yang bersangkutan dengan aqidah begitu memuncak. Kebudayaan jahiliyah dahulu seperti taqarrub (mendekatkan diri) pada kuburan (maqam) keramat, memohon syafaat dan meminta berkat serta meminta diampuni dosa dan disampaikan hajat, sudah menjadi ibadah mereka yang paling utama sekali, sedangkan ibadah-ibadah menurut syariat yang sebenarnya pula dijadikan perkara kedua. Di mana ada maqam wali dan orang-orang soleh seperti maqam Syeikh Abdul Qadir Jailani, penuh dibanjiri oleh penziarah-penziarah untuk meminta sesuatu hajat. Hal ini terjadi bukan hanya di tanah Arab saja, tetapi juga di mana-mana(indonesia juga gak ya ?)" pada masa itu enggak sedikit juga makam dengan kuba lebih besar dari dari kuba masjid.
http://ms.wikipedia.org/wiki/Muhamad_Abdul_Wahab

Anonim mengatakan...

Hmm. . .
Inilah fakta sejarah yang akan selalu segar dalam ingatan umat Islam Indonesia atas dosa-dosa Gus Dur selama hidupnya :
1.Mengatakan al-Qur’an sebagai kitab paling porno di dunia
2.Memperjuangkan pluralisme
3.Mengakui semua agama benar
4.Menjalin kerjasama dengan Israel
5.Mendukung gerakan kristenisasi
6.Membela Ahmadiyah
7.Ingin mengganti ucapan assalamu alaikum dengan selamat pagi.
8.Tidak bersimpati terhadap korban Muslim pada konflik Ambon.
9.Di dalam RUU Sisdiknas, Gusdur lebih membela aspirasi kaum kafirin untuk mentiadakan / mencabut pasal memasukkan pelajaran agama di sekolah-sekolah, dan justru menentang aspirasi kaum Muslim agar pasal pelajaran agama di sekolah-sekolah dimasukkan di dalam UU Sisdiknas. Di dalam hal ini, kaum Kristen menuntut supaya pasal pendidikan agama dicabut dari system Sisdiknas, karena dengan demikian supaya kaum Kristen semakin mudah mengkafirkan generasi Muslim di Indonesia.
10.Menginginkan Indonesia menjadi sekuler.
11.Di dalam RUU Pornografi, kembali Gusdur lebih membela aspirasi kaum kafirin agar DPR tidak mensahkan RUU Anti Pornografi menjadi undang-undang, dan justru menentang aspirasi kaum Muslim supaya Indonesia / DPR mensahkan UU Anti Pornografi demi menjaga moral bangsa. Pada moment inilah gusdur menyatakan bahwa Alquran adalah kitab paling porno se-Dunia!
12.Gusdur ikut bersama kaum kafirin merangsek untuk menuntut Pemerintah mencabut pasal penodaan agama. Padahal pasal itu amat sentral demi terjaminnya kerukunan umat beragama. Yang dibidik Gusdur adalah kaum Muslim, supaya kaum Muslim tidak berkutik ketika agamanya dihina.
13.Gusdur ikut bersama kaum kafirin merangsek untuk menuntut Pemerintah mencabut pasal pendirian rumah ibadah melalui Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi. Padahal pasal itu amat sentral demi terjaminnya kerukunan umat beragama. Yang dibidik Gusdur adalah kaum Muslim, supaya kaum Muslim tidak berkutik ketika kaum kafirin membangun Gereja di mana-mana.
14.Gus Dur penah Dibaptis.
15.Menyerukan supaya MUI (Majelis Ulama Indonesia) dibubarkan.
16.Merestui dan membela Inul dengan goyang ngebornya, padahal semua Ulama sudah mengutuknya.
Ada yang ingin menambahkan dosa-dosa apa yang dilakukan Gus Dur terhadap umat Islam?
http://m.voa-islam.com//news/indonesiana/2012/11/29/22051/inilah-fakta-sejarah-kenapa-gus-dur-digulingkan-umat-islam-indonesia/

yayan mengatakan...

orang yang salah itu jarang yang mengaku salah sekalipun sudah ditunjukan kesalahannya, Memang Muhammad Abdul Wahhab mendengungkan kembali ke al Qur'an dan Hadits tapi Hadits mana Qur'an mana ? Rosul sendiri pernah bahkan sering ziaroh kubur (pelajari Shohih Bukhori Muslim lengkap) tapi menurut wahabi di musyrikan. maka bila mempelajari Qur'an Hadits yang lengkap dong biar gak kuper

Anonim mengatakan...

“Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)

Anonim mengatakan...

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُ‌ونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾

“Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, (1) Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. (2) Dan kamu bukan penyembah Rabb yang aku sembah. (3) Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4) dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Rabb yang aku sembah. (5) Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 1-6)

Ahmad Wibowo mengatakan...

Paham Wahhabiyah Sesat

www.antiwahabi.org

Heisenberg mengatakan...

Gila nih wahabi, apalagi SAUDI ARABIES itu, udah ngaku2 negara islam paling bener lah, pelindung tanah suci lah, eeeh...gak taunya situs2 islam di mekah & madinah malah diberantas.... Mana penjilat bokong amerika lagi

Heisenberg mengatakan...

Gila nih wahabi, apalagi SAUDI ARABIES itu, sudah ngaku2 negara islam paling bener lah...pelindung tanah suci lah.... Eeeehhh...gak taunya situs2 islam di mekah & madinah malah diberantas... Mana penjilat bokong Amerika lagi... PARAH, PARAH,.....!!

Khamim Jauhari mengatakan...

kita sama-sama islam, kenapa harus saling menghujat satu sama lain sudah merasa sempurnakah islam anda berani menghujat sesama islam.?

Khamim Jauhari mengatakan...

kita sama-sama islam, kenapa harus saling menghujat satu sama lain sudah merasa sempurnakah islam anda berani menghujat sesama islam.?

Khamim Jauhari mengatakan...

kita sama-sama islam, kenapa harus saling menghujat satu sama lain sudah merasa sempurnakah islam anda berani menghujat sesama islam.?

jimmi maryando mengatakan...

coba kalian selidiki istiulah wahabi itu sebenarnya cerita bohong yahudi dan syiah yang menuduh salafi adalah wahabi, karena ajarannya sesuai dengan alquran dan assunnah tidak seperti syiah yang mengkafirkan khalifah abu bakar, umar dan usman serta istri rasul pun mereka kafirkan, nadratul ulama yang sekarang yang telah merubah ajaran islam murni dengan mencampurkan nya dengan ajaran hindu budha, salafi tidak pernah mengharamkan ziarah kubur cuma yang diharamkan meminta berkah ke kuburan para wali dlm artian meminta pada org yang telah mati bukan sama allah swt lagi pula allah ngak butuh perantara dari arwah dan memberi sesajen ama roro kidul, mempelajari ilmu kanuragan sedang rasullullah ngak pernah ngajarin klupun itu perlu tentu rasullullah tdk akan terluka saat perang uhud

Anonim mengatakan...

ADMIN ini apa, siapa dan pengikut siapa, perkenalkan diri anda dulu ?

jihat al fatih mengatakan...

Mas anonim klo bicara jangan mencla mencle,

jihat al fatih mengatakan...

Mas anonim klo bicara jangan mencla mencle,

Anonim mengatakan...

janganlah memfitnah sesama umat islam. wahabi tidak seperti yang antum tuduhkan. segera bertobatlah kepada Alloh.

Shobur Muhammad mengatakan...

Bismillahirrahmanirrahim
QUL A'UDZUBIROBBINNAAS
MALIKINNAAS
ILAAHINNAAS
MIN SYARRIL WAWAASIL KHANNAS
ALLADZIYUWASWISHUFISHUDUURINNAAS
MINAL JINNATI WANNAAS

Shobur Muhammad mengatakan...

assalamu'alaikum...

BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM
QUL A'UDZUBIRABBINNAAS
MALIKINNAAS
ILAAHINNAAS
MIN SYARRIL WASWAASIL KHANNAS
ALLADZIIYUWASWISUFISHUDUURINNAAS
MINAL JINNATIWANNAAS.

saudaraku semuanya
silahkan berkomentar/berpendapat apa saja tapi jangan sampai setan bertengger di dada kita. kita bisa berkomentar dengan tetap tersenyum. ok? wslm

Anonim mengatakan...

NU kapirr

Anonim mengatakan...

NU kapirrrrr,berdasar al quran hadist,ghost door kapirun haqqo.nu kapirin .sesat.

Anonim mengatakan...

Saya Nahdliyin, Saya menolak faham Wahabi/Salafy. tapi saya tidak menganggap mereka musuh.
Teman saya banyak yg menjadi pengikut Wahabi, tapi kami tetap hidup rukun.

Kang Zeer El-Watsi mengatakan...

menarik nih artikelnya...izin nyimak ya :)

http://jagadkawula.blogspot.com/

normazunie mengatakan...

mazunie...tolong jelaskn bagaimana mau beramal dengan ajaran pendidik para wahabi ??...laa ikra ha fiddin

haji munir mengatakan...

allahu akbar

nm mengatakan...

oke

Amin Ra'is mengatakan...

Assaluma'alikum
anda semua muslim kan?saya bener masih awam masalah islam..Tapi saya tau,bukan begitu caranya orang muslim ngomong..
Kita masing" punya dasar,nggak usah saling menyalahkan..saling mengingatkan secara sopan lebih baik
trimakasih

thohir anam mengatakan...

KAWAN-KAWAN SA'ATNYA KITA DAMAI JANGAN SALING MENGHUJAT, LEBIH BAIK MENGKOREKSI DIRI, DAN KALAU KAWAN-KAWAN PUNYA DALIL SAMPAIKANLAH APA ADANYA YAITU MENURUT SABDA NABI, MENURUT NABI IKUT GOLONGAN YANG MANAKAH ? TAPI ADA KOMEN DIATAS YANG MENJELASKAN HADIST SUNAN ABI DAUD, " IKUTILAH SUNNAHKU KATA NABI,SETELAH ITU IKUTILAH SUNNAH SAHABATKU " TAMPAKNYA INILAH YANG BENAR MENURUT SABDA NABI, BUKAN MENURUT PENDAPAT SAYA. MASALAH WAHABI LIHATLAH HADIST RUSULILLAH SAW. klik " blogthohiranam.blogspot.com " ttg wahabi insya'alloh dapat membantu.

thohir anam mengatakan...

KAWAN UTAMAKAN KOMEN KITA MENGAMBIL ALQU'AN DAN . ALHADIST, BIAR TIDAK MELUKAI PERASAAN MASING-MASING, KALAU NAQLI DISAMPAIKAN APA ADANYA, ITULAH HAKEKATMYA DARI NABI, TENTUNYA ALLOH SWA. YANG WAJIB KITA TA'ATI KALAU MENGINGKARI KUFURLAH KITA, JADI HARUS IKHLASH MENERIMA PERINTAH.

thohir anam mengatakan...

KAWAN-KAWAN SA'ATNYA KITA DAMAI JANGAN SALING MENGHUJAT, LEBIH BAIK MENGKOREKSI DIRI, DAN KALAU KAWAN-KAWAN PUNYA DALIL SAMPAIKANLAH APA ADANYA YAITU MENURUT SABDA NABI, MENURUT NABI IKUT GOLONGAN YANG MANAKAH ? TAPI ADA KOMEN DIATAS YANG MENJELASKAN HADIST SUNAN ABI DAUD, " IKUTILAH SUNNAHKU KATA NABI,SETELAH ITU IKUTILAH SUNNAH SAHABATKU " TAMPAKNYA INILAH YANG BENAR MENURUT SABDA NABI, BUKAN MENURUT PENDAPAT SAYA. MASALAH WAHABI LIHATLAH HADIST RUSULILLAH SAW. klik " blogthohiranam.blogspot.com " ttg wahabi insya'alloh dapat membantu.

Anonim mengatakan...

Jika antum sekalian memeluk agama Islam dgn benar, pastinya akhlaknya pun baik.

Anonim mengatakan...

Islam ada 73 golongan, berfikirlah dengan bijak karna yang 1 golongan akan kesurga dan 72 nya akan kenereka, hati-hatilah dalam beribadah.

Meuthia Elsha Al-Ghifary mengatakan...

.
I LOVE SUNNY....
Me and big family SAYYID AHMAD...........

Meuthia Elsha Al-Ghifary mengatakan...

I LOVE SUNNY.............

Me and friends SAYYID AHMAD....

Hergi Yanto mengatakan...

banyak yg keliru memahami wahabi, karena hanya bersumber dari orang2 yg anti gerakan dakwah Syaik Muhammad bin abd. Wahab, alangkah bijaksananya apabila menggali informasi yg bersumber dari aslinya....Karena sejarah yg salah akan menimbulkan fitnah dan perpecahan umat.....

Hergi Yanto mengatakan...

Alangkah baiknya mencari sumber berita dari berbagai sumber dan membandingkannya dgn bijaksana, karena apabila artikel tersebut keliru akan menjadi fitnah bagi Syaik Muhammad bin Abd Wahab, saya yakin visi dan misi beliau tidak seperti yg digambarkan. Sejarah bisa saja dibelokkan demi kepentingan pihak teretntu, perjuangan dalam kabaikan tentu akan mendapatkan rintangan dari pihak2 yg tak suka (dengki), seperti yg di alami Rasullullah SAW. Gerakan Islam di Indonesia pun banyak diilhami oleh dakwah beliau, berdirinya Muhammdyah, Persis, juga berupaya utk memerangi bidah yg ada di dalam Islam....., Namun Kebenaran hanyalah milik Allah SWT, hanya Dialah yg tahu hati setiap hamba....Wallahualam

Hergi Yanto mengatakan...

banyak yg keliru memahami wahabi, karena hanya bersumber dari orang2 yg anti gerakan dakwah Syaik Muhammad bin abd. Wahab, alangkah bijaksananya apabila menggali informasi yg bersumber dari aslinya....Karena sejarah yg salah akan menimbulkan fitnah dan perpecahan umat.....

Hergi Yanto mengatakan...

banyak yg keliru memahami wahabi, karena hanya bersumber dari orang2 yg anti gerakan dakwah Syaik Muhammad bin abd. Wahab, alangkah bijaksananya apabila menggali informasi yg bersumber dari aslinya....Karena sejarah yg salah akan menimbulkan fitnah dan perpecahan umat.....

Hergi Yanto mengatakan...

banyak yg keliru memahami wahabi, karena hanya bersumber dari orang2 yg anti gerakan dakwah Syaik Muhammad bin abd. Wahab, alangkah bijaksananya apabila menggali informasi yg bersumber dari aslinya....Karena sejarah yg salah akan menimbulkan fitnah dan perpecahan umat.....

Hergi Yanto mengatakan...

banyak yg keliru memahami wahabi, karena hanya bersumber dari orang2 yg anti gerakan dakwah Syaik Muhammad bin abd. Wahab, alangkah bijaksananya apabila menggali informasi yg bersumber dari aslinya....Karena sejarah yg salah akan menimbulkan fitnah dan perpecahan umat.....

Anonim mengatakan...

UDAH GAK PERLU BANYAK DEBAT, LIHAT FAKTA SAJA, DIMANAPUN SALAFI/WAHABI BERKEMBANG, DISITULAH BIASANYA KERUSUHAN DAN PEPERANGAN TERJADI..., ITU SUDAH CUKUP MENUNJUKKAN KALAU SALAFI/WAHABI MEMANG DAJJAL. UDAH BERTAHUN-TAHUN AKU MENGIKUTI DAKWAH SALAFI, MEMANG FAKTA KOK MEREKA FASIS, MAU BENAR SENDIRI, MEREKA TAK LEBIH DARI REINKARNASI ARAB JAHILIYAH...!

Lanang Gondo Asmoro mengatakan...

UDAH GAK PERLU BANYAK DEBAT, LIHAT FAKTA SAJA, DIMANAPUN SALAFI/WAHABI BERKEMBANG, DISITULAH BIASANYA KERUSUHAN DAN PEPERANGAN TERJADI..., ITU SUDAH CUKUP MENUNJUKKAN KALAU SALAFI/WAHABI MEMANG DAJJAL. UDAH BERTAHUN-TAHUN AKU MENGIKUTI DAKWAH SALAFI, MEMANG FAKTA KOK MEREKA FASIS, MAU BENAR SENDIRI, MEREKA TAK LEBIH DARI REINKARNASI ARAB JAHILIYAH...!

hamzah mengatakan...

Baiknya orang Wahabi baca Sejarah wahabi-saudi berdarah oleh Prof. Abdullah M. Sindi

Anonim mengatakan...

sesungguhnya fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan..Saya berharap blog ini bukanlah blog pengadu domba diantara sesama ahlus sunnah wal jamaah.karena ada kesan blog ini dibuat oleh syiah rafidhah.wallahu alam

Muhammad Irgi mengatakan...

wahabi dan suni itu sama sama islam,cuma ada perbedaan perbedaan masalah tentang furu iyah nya saja,dan tidak ada perbedaan tentang usuhiyah ny,kenapa umat islam mau di pecah belah oleh orang kafir,.marilah kita bersatu dalam wadah islamiyah yang kuat,wahabi punya rukun islam 5,dan punya rukun iman 6,begitu pula suni,mau wahabi mau suni,muhammadiyah persis itu semua sama..mari lah kita jaga keimanan kita,jangan di kotori islam ini dengan kata kata kotor..ALLAHU AKBAR.

Muhammad Irgi mengatakan...

kalau bisa blog ini jangan pake judul wahabi versus sunni,karena kesannya itu kaya mau di aduin,seperti petinju.di ganti dengan nama yang bisa mempersatukan umat muslim sedunia.

iqbalul ilham mengatakan...

aing demi... te setuju sianyaruaken salafy sarua jeung wahabi.. haram jadah doang sia sarminah

Anonim mengatakan...

ternyata masih banyak yang belum tahu apa itu wahabi, syekh muhammad bin abdul wahab tdk pernah klaim memiliki organisasi wahabiah, pelajari dulu apa itu wahabi baru bicara, bicara tanpa ilmu inilah yang terjadi hanya adu domba dan perpecahan, bodoh seperti jahiliyah. streaming saja radio rodja 756am atau gia satelit rodjatv. pelajari dulu baru bicara

Anonim mengatakan...

Wahai saudara ku seiman
Semoga Allah memberikan hidayah kepada antum dan kita semua
Cobalah antum beli buku karangan muhammad bin abdul wahab
Lalu antum baca dan pahami
Barulah antum koar2 dan bantah seiap tulisannya dengan dalil dan hujjah
Jangan berdasarkan nafsu dan provokasi

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum.sebenernya islam yg benar seperti apa sih?saya baru saja mualaf dan istri.setelah saya membaca ini saya makin bingung dan apa yg diributkan ya?yg saat ini saya tau tuhan saya sekarang lailahailalloh muhammad rosululloh.kitab yg saya pelajari al quran.sekarang org muslim saudara saya semua.

Anonim mengatakan...

pertama, siapa yg menggunakan istilah waabi? kalau memang yg dimaksud dinisbatkan pada Muhammad biin Abdul Wahab kenapa tidak bilang aja Muhammadiyyah? krena itu lebih jelas kalau ke Abdul Whab berarti ke bapaknya jadi aneh, bapaknya tidak ada hubungannya.
Kedua, yg Haq dan batil sudah jelas bila berpegang teguh pada Al-Qur'an dan As-sunnah. Tunjukkan ke saya kesesatan yg kalian katakan wahaby berdasarka Al-Qur'an dan As-sunnah?

Anonim mengatakan...

Inilah penyebab hancurnya islam. Merasa golongannya yg paling baik.

PULSA MURAH mengatakan...

wahabi itu TEGAS !!!! tdk seperti kalian yg lembek dan mau ditundukkan barat......kuwalik kang mas>>>ARAB tuh mbahnya WAHABI.....bergandengan mesra dgn barat.....

Fariz Ismail mengatakan...

Lantas, apa yang menyebabkan kyai aswaja NU begitu membenci salafi dan ketakutan dengan pesatnya perkembangan dakwah salaf? Apabila kita mencermati sejarah dakwah para Rasul, niscaya akan dijumpai bahwa kelompok yang paling keras menentang dakwah tauhid para Rasul tersebut adalah mereka yang selalu menamakan dirinya sebagai “pembela ajaran nenek moyang”. Begitu pula kita dapati hari ini, yang paling keras menentang dakwah salaf yang mengajak umat Islam untuk memurnikan peribadatan kepada Allah, adalah kelompok yang menamakan dirinya sebagai “pemelihara tradisi nenek moyang.”

Anonim mengatakan...

Lantas, apa yang menyebabkan kyai aswaja NU begitu membenci salafi dan ketakutan dengan pesatnya perkembangan dakwah salaf? Apabila kita mencermati sejarah dakwah para Rasul, niscaya akan dijumpai bahwa kelompok yang paling keras menentang dakwah tauhid para Rasul tersebut adalah mereka yang selalu menamakan dirinya sebagai “pembela ajaran nenek moyang”. Begitu pula kita dapati hari ini, yang paling keras menentang dakwah salaf yang mengajak umat Islam untuk memurnikan peribadatan kepada Allah, adalah kelompok yang menamakan dirinya sebagai “pemelihara tradisi nenek moyang.”

Rusdi Amat mengatakan...

yg haq pasti timbul yg bathil pasti hancur coba lihatlah diindonesia...banykmana yg berpegang......pasti ahlussunah..bukan wahabi.......

herry firdaus mengatakan...

Solat harus di mesjid, solat tidak boleh ditunda.. Kamu bilang Aneh..???.. Kamu Ƴ∂Ϟƍ aneh.. Mikir pake otak jangan pake dengkul.. Solat di mesjid pahalanya 27 kali lipat dibanding di rumah...ngajak kebaikan. Koq dibilang aneh...

herry firdaus mengatakan...

Solat harus di mesjid, solat tidak boleh ditunda.. Kamu bilang Aneh..???.. .. Solat di mesjid pahalanya 27 kali lipat dibanding di rumah...ngajak kebaikan. Koq dibilang aneh...

nur rois mengatakan...

Perbedaan pendapat di kalangan Umat Islam adalah Rahmat. Namun Fitnah lebih berat dari pembunuhan. Allah SWT Yang Maha Mengetahui, Maha Adil akan membalas setiap perbuatan sekecil apapun. Jika tidak di dunia, maka balasan akan diberikan di alam kubur dan alam akhirat. Astagfirullah hal adziim.

nur rois mengatakan...

Perbedaan pendapat di kalangan Umat Islam adalah Rahmat. Namun Fitnah lebih berat dari pembunuhan. Allah SWT Yang Maha Mengetahui, Maha Adil akan membalas setiap perbuatan sekecil apapun. Jika tidak di dunia, maka balasan akan diberikan di alam kubur dan alam akhirat. Astagfirullah hal adziim.

Anonim mengatakan...

dari penjelasan sepanjang ini, saya tidak melihat sesatnya wahabi di mana , yang ada kata maki maki an yang gak jelas, salahkah seseorang kalau tegas menjalankan al-qur'an dan hadist

herry firdaus mengatakan...

To saefuddin marzuqi... Anda ahlusunah waljamaah ?.. Sifat aswaja spt di tulisan anda ?...bilang anjing sama orang Ƴ∂Ϟƍ menurut anda wahabi ?...padahal itu Ciptaan Alloh SWT... Kalau anda tidak setuju atau tidak sepaham dengan wahabi... Tunjukan bahwa dalil2 Ƴ∂Ϟƍ dipake wahabi salah...tolong menolong dalam kebaikan adalah pahala...sesama muslim sodara...jangan hanya menghujat..

traveler mengatakan...

Benar bung, di Al Quran sdh di jelaskan biarlah Alloh yg memutuskan perbedaan pndapat sesama umat Islam. Berdoa sj smoga kita masuk golongan org2 yg diberi petunjuk.

Anonim mengatakan...

mau tau yang bener yang salah?
kamu akan tau setelah nyawa kamu dicabut oleh malaikat dan roh kamu sampai ke tenggorokan! disitu kamu akan tau salah apa benar. dan disaat itu kamu sudah terlambat.
islam itu indah nabi tidak pernah berkata kasar atau mencaci bahkan untuk ajaran yang sedikit menyimpang nabi selalu mengganti kata2nya dengan sebuah perumpamaan atau majas. so pahami islam dengan benar jangan mengambil ilmu dari satu sisi tapi carilah ilmu darima mana2dan ambil yang baik buang yang buruk.
islam itu indah islam itu agamaku islamku bukan hanya di ktp aja tapi islamku dihatiku, tapi tuhanku Allah ada di jantungku, nabiku muhammad ada dinafasku. ketika jantung dan nafasku berhenti itu adalah akhir dari semua usahaku beribadah kepadanya. kecuali 3 perkara.
islam itu selalu mendoakan yang lalu, sekarang atau pun yang akan datang.
maka berdoalah untuk kebaikan, shalatlah bahkan disalat punkita selalu berdoa agar diberikan petunjuk jalan yang lurus (yang benar)

Sandi Permana mengatakan...

Saya suka ikut pengajian Salafi. dan menurut saya mereka fine-fine aja. disetiap golongan ataupun agama pasti ada orang yg baik dan buruknya. so, kita jgn men-judge habis2an. kita tdk tau isi hati ssorg. coba resapi firman Alloh surat Al Hujurat ayat 11.

Anonim mengatakan...

Penulis artikel ini orang Suni ! Yang pro pada tulisan ini dan menghujat Salafi, itulah mereka yang tersesat, bahkan lebih sesat dari binatang ternak (al qur'an).

rio andesko mengatakan...

Wahai sahabat umat islam jgn kita mau diadu domba oleh orang2 kafir...mari kita bersatu mari kta satukan pedapat menurut alquran dan hadis....

riski mengatakan...

LAA ILLAHAILLAH

riski mengatakan...

LAA ILLAHAILLAH

Anonim mengatakan...

Wahabi memang sesat banyak anak muda yang terjerumus didalam aliran yang tidak benar tersebut

cah k-gol mengatakan...

semakin berkomentar semakin ketahuan bodohnya

Poskan Komentar

Mohon jangan berkomentar memakai kata SARA,Kotor ataupun SPAM.

Mohon Jangan Menggunakan ANONYM,apabila anda tidak mengikuti peraturan ini saya akan menghapus komentar anda tanpa membacanya terlebih dahulu.
Pilihlah Name/URL lalu isi dengan nama anda (URL bisa anda kosongkan atau isi dengan URL http://wahabivssunni.blogspot.com/ saja apabila anda tidak memiliki blog atau website.
Terima kasih sudah berkunjung dan menyempatkan berkomentar,wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Design by Faham Wahabi Visit Original Post Ahlus Sunnah Wal Jama'ah